Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Avatar SMP NEGERI 1 KEDAWUNG

SMPN 1 KEDAWUNG

Tahun Ajaran 2024/2025

“Menumbuhkan rasa cinta akan Seni dan Budaya melalui tradisi Nusantara dan Mancanegara”

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan sebuah inisiatif pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Proyek ini berfokus pada pengembangan aspek-aspek penting dalam kehidupan sosial dan berbangsa, seperti gotong royong, toleransi, keadilan, dan keberagaman. Dengan pendekatan yang berbasis pada pembelajaran kontekstual dan interdisipliner, P5 mengajak siswa untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aktivitas dan keputusan yang mereka buat, baik dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat. Melalui proyek ini, diharapkan pelajar tidak hanya memiliki pengetahuan akademik yang kuat, tetapi juga memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan kebajikan nasional yang tercantum dalam Pancasila.

Pagelaran seni tari, di sisi lain, adalah bentuk ekspresi budaya yang menggambarkan keindahan gerakan tubuh yang disertai dengan iringan musik atau lagu. Pagelaran ini tidak hanya bertujuan untuk menghibur, tetapi juga sebagai sarana untuk melestarikan tradisi, mengenalkan identitas budaya, serta memperkuat rasa kebersamaan dalam masyarakat. Seni tari sering kali digunakan dalam berbagai acara penting, baik di tingkat lokal maupun nasional, untuk merayakan nilai-nilai kebudayaan dan sebagai medium pendidikan. Dalam konteks pendidikan, pagelaran seni tari bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila, seperti kerja sama, keindahan, dan penghargaan terhadap keragaman budaya, serta mengasah kreativitas dan keterampilan siswa dalam berbagai aspek seni.

PENAMPILAN TARIAN BOLICURIAN (INDIA) OLEH KELAS IX A

PENAMPILAN TARIAN JOGED LAMBAK (MELAYU) KELAS IX B

PENAMPILAN TARIAN KIPAS CHINA DAN LIONG (CHINA) KELAS IX C

PENAMPILAN TARIAN JANGER BALI (BALI) KELAS IX D

PENAMPILAN TARIAN DANGIANG (SUNDA) KELAS IX E

PENAMPILAN TARIAN MAGMA (JAWA) KELAS IX F

PENAMPILAN TARIAN SIK SEK SOK (ARAB) KELAS IX G

PENAMPILAN TARIAN FOLK DANCE (RUSIA) KELAS IX H

PENAMPILAN TARIAN WARRIOR DANCE (SPANYOL) KELAS IX I

PENAMPILAN TARIAN MANDAU (KALIMANTAN) KELAS IX J

PENAMPILAN TARIAN CIREBONAN (CIREBON) KELAS IX K

Manfaat dan tujuan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah untuk membentuk karakter siswa yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila, seperti gotong royong, toleransi, dan cinta tanah air, dalam kehidupan sehari-hari. Melalui proyek ini, siswa diajak untuk lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan yang mendorong pengembangan sikap sosial dan emosional, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah secara kreatif dan kolaboratif. Sementara itu, pagelaran seni tari bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia, sekaligus mengasah kreativitas dan keterampilan siswa dalam bidang seni. Selain itu, pagelaran seni tari juga berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan rasa estetika, memperkuat identitas budaya, serta mempererat kebersamaan dan toleransi di antara siswa dari berbagai latar belakang. Gabungan dari kedua kegiatan ini memberikan pengalaman belajar yang holistik, yang tidak hanya mengutamakan aspek kognitif, tetapi juga mengembangkan aspek sosial, emosional, dan budaya siswa.

Tagged in :

Avatar SMP NEGERI 1 KEDAWUNG

You May Love

  • Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

    .

    SMPN 1 KEDAWUNG Tahun Ajaran 2024/2025 “Menumbuhkan rasa cinta akan Seni dan Budaya melalui tradisi Nusantara dan Mancanegara” Proyek Penguatan Profil…

  • Pembelajaran Digitalisasi

    .

    Pembelajaran Digitalisasi Pembelajaran digitalisasi di sekolah menjadi semakin relevan dalam menghadapi tantangan pendidikan di era modern. Siapa yang terlibat dalam proses…

  • Pembiasaan Salam Sapa

    .

    Pembiasaan Salam Sapa Salam sapa adalah tindakan sederhana yang membawa manfaat besar. Siapa pun bisa melakukannya kapan saja dan di mana…